Berita Sumatera Terkini

Pelajar makin banyak, kelas memprihatinkan

2013-08-24 15:54:43
Pelajar makin banyak, kelas memprihatinkan

Kondisi MA Darul Qalam di Lubuk Unen.
MERIGI KELINDANG,BENGKULU,(Terkini24.com)- Keberadaan Madrasah Aliyah (MA) Darul Qalam di Desa Lubuk Unen Kecamatan Merigi Kelindang masih memprihatinkan. Padahal potensi sekolah ini maju pesat.

Memasuki tahun ajaran 2013/2014, jumlah siswa semakin banyak, dari jumlah siswa belasan, sekarang sudah 66 orang. Sayangnya, ruang kelas belajar masih berupa dinding bambu dan beralas tanah.

Dijelaskan Bambang, guru MA Darul Qalam, sejak berdiri hanya beberapa orang yang memberikan bantuan untuk pembangunan MA. Dalam kondisi yang terbatas, Kegiatan belajar Mengajar (KBM) terus dilaksanakan, rata-rata murid yang mengeluhkan sarana gedung ruang belajar beralaskan tanah. "Proses belajar mengajar tetap terus berlangsung, walau fasilitas masih seadanya," katanya.

Tambah Bambang, sebelumnya ada bantuan dari bupati berupa atap gedung, dan istri Wakapolda Bengkulu yang menyerahkan bantuan sukarela sekaligus melaksanakan kegiatan bakti sosial di Desa Lubuk Unen Merigi Kelindang.

"Bantuan juga dapat dari Kota Bengkulu. Ibu (istri, red) Wakapolda Bengkulu menyumbang semen dan seng yang diberikan kepada pihak sekolah, tapi belum digunakan," terang Bambang.
Camat Merigi Kelindang, Hamzah M.Pd, membenarkan keterbatasan MA Darul Qalam yang mirip kandang ternak. Harusnya Pemda Benteng dan instansi vertikal seperti Kemenag, bisa memberikan bantuan.
"Mirip sekali dengan kandang kambing. Dinding bambu, tidak ada plafon dan alasnya tanah yang sering dibanjiri air hujan," imbuh Hamzah.

Terus tambah Hamzah, hanya MA Darul Qalam dijadikan andalan masyarakat setempat. Mengingat MA Darul Qalam merupakan sekolah tingkat SMA, yang sudah lama didambakan masyarakat beberapa Kecamatan Merigi Sakti dan Kelindang.
"Tidak ada lagi tempat sekolah anak-anak yang tamat SMA, banyak memilih putus sekolah setelah tamat SMP. MA inilah diandalkan," tutupnya.(tog)

Red: ARI GS
Terkait
2013 terkini24.com All Right Reserved | NEWS | Unik | Politik | LifeStyle | Seleb | Sport | TEKNO | OTO